Pages

Selasa, 21 Februari 2012

TERTAWA = SEHAT ???


Mari tertawa :)
                Apa yang pertama kali anda pikirkan saat mendengar kata “tertawa”? Saya yakin masing-masing orang pasti memiliki argumen yang berbeda-beda.  Saya sendiri pun memiliki pendapat mengenai “tertawa”. Menurut saya “tertawa” merupakan gerakan atau respon tubuh secara alami ketika mendengar, melihat, serta memikirkan hal-hal atau kejadian-kejadian yang lucu.
                Ternyata menurut penelitian para ahli, tertawa membuat kita sehat. Saya pernah membaca sebuah buku tentang remaja yang dikarang oleh Pamela Espeland.
Dalam buku tersebut terdapat beberapa alasan pentingnya tertawa bagi kesehatan tubuh kita, antara lain:
·         Tertawa akan meningkatkan saluran pernafasan dan arus darah dalam tubuh kita.
·         Tertawa akan mengurangi hormon stress yang ada di dalam tubuh.
·         Tertawa akan merangsang system kekebalan tubuh sehingga kita akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam penyakit.
·         Tertawa akan memberikan perasaan nyaman karena tertawa akan memicu produksi hormon endorfin (hormon pereda sakit yang diproduksi tubuh secara alami).
·         Tertawa merupakan latihan olahraga yang baik. Para ahli telah melakukan riset dan mereka memperkirakan bahwa tertawa 100 kali sama hasilnya dengan bersepeda selama 15 menit.
·         Tertawa akan membuat kita menjadi lebih kreatif, waspada, tenang, dan produktif.
·         Tertawa juga bias meningkatkan daya ingat atau mempertajam ingatan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat keputusan, negosiasi, serta mengartikan kata-kata.
·         Dengan tertawa, kita akan jarang merasa sedih , khawatir, putus asa, dan depresi, serta akan membuat kita lebih optimis dalam menjalani kehidupan.
Selain untuk alasan kesehatan, tertawa juga memiliki manfaat lain yaitu membentuk dan memperkuat sebuah hubungan, misalnya hubungan persahabatan. Untuk itu, marilah kita berusaha untuk bertertawa ria setiap harinya tetapi janganlah tertawa tanpa alasan karena pasti orang lain akan berfikiran yang tidak-tidak tentang diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar