Pages

Selasa, 10 April 2012

Yuuuuk… Sarapan dulu,,


Pagi-pagi harus sarapan??? So pasti harus dong, wajib tu hukumnya. Banyak orang yang tidak pernah melakukan sarapan pagi karena berbagai alasan. Mereka terburu-buru sehingga tidak mempunyai waktu untuk sarapan. Ada juga yang beranggapan bahwa tidak sarapan akan mengurangi berat badan. Dan setelah dilakukan penelitian, ternyata sarapan itu penting banget lho bagi tubuh kita. Mengapa? Karena saat kita tidur selama kurang lebih 8 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan padahal tubuh kita tetap beraktivitas seperti bernafas dan bergerak yang mengakibatkan kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Di pagi harinya, kita melakukan aktivitas seperti bekerja, kuliah, belajar di sekolah. Dan aktivitas tersebut memerlukan konsentrasi agar dapat berjalan lancar.
Dengan sarapan, tubuh kita mendapatkan energy yang kemudian akan disalurkan ke otak dan bagian-bagian tubuh lainnya. Adanya energy yang dasalurkan ke otak kita, membuat kita dapat berkonsentrasi dengan baik saat menerima pelajaran serta meningkatkan daya ingat. Sarapan juga akan membangkitkan semangat serta tidak membuat kita lesu dan mengantuk saat di dalam kelas/ di kantor. Bagi yang takut gemuk, sebaiknya rutin melakukan sarapan karena tanpa sarapan, metabolisme tubuh akan menurun sehingga nafsu makan pada siang hari akan meningkat dan kalori yang masuk juga meningkat.

Namun, kita juga harus memperhatikan apakah menu sarapan kita sudah sehat? Saat sarapan, sebaiknya jumlah kalori yang masuk dalam tubuh sebanyak 300-400 kal dan diusahakan menu empat sehat lima sempurna. Jika tidak bisa, cukup dengan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan ditambah dengan susu. Alternative lain adalah dengan meminum jus buah/ makan 2 porsi buah besar.

Sekarang gak ada alasan lagi untuk menghindari sarapan. Biar gak ngantuk di kelas, sempatin buat sarapan ya kawan-kawan,,,,,,,,

1 komentar:

  1. ada ndak pantangan yang nggak boleh dimakan pas sarapan ? share dongg

    BalasHapus