Pages

Kamis, 07 Juni 2012

Menguap = Pendingin Otak

Menguap sering diidentikkan sebagai tanda rasa kantuk atau tanda kebosanan. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, ternyata menguap itu memiliki manfaat atau khasiat yang baik untuk tubuh kita terutama untuk otak kita. Suhu dalam otak lama-kelamaan juga akan semakin tinggi, maka dari itu otak memerlukan pendinginan. Dan salah satu cara untuk mendinginkannya adalah dengan cara menguap. Dengan menguap, berarti meningkatkan asupan oksigen ke otak melalui paru-paru.
Fungsi menguap sama dengan fungsi peregangan otot sebelum berolahraga, yaitu memperlancar aliran darah dan detak jantung. Menurut para ilmuwan dari Princeton University, efek pendinginan didapatkan dari pertukaran panas dengan udara yang lebih dingin yang masuk saat kita menguap. Menguap dapat mengembalikan konsentrasi dan dapat membuat kita merasa segar kembali. Menguap dapat dengan cepat menular ke orang lain yang berada di dekat orang yang menguap. Dengan menguap, menandakan otak sedang bersiap-siap dengan adanya perubahan posisi. Bahkan bayi yang ada dalam kandungan akan menguap sebelum berubah posisi pada perut ibunya. Para peneliti berpendapat bahwa menguap juga behubungan dengan intelegensia seorang anak.

2 komentar:

  1. nice info....

    kok Menguap bisa menular?

    BalasHapus
  2. maaf baru bls komentnya...
    klo dari artikel yg sy baca, menguap menular krn aktifnya sistem saraf cermin (mirror neurons system) yaitu neuron yg terletak di bagian depan setiap belahan otak vertebrata tertentu.
    Ketika menerima stimulus (rangsangan) dari spesies yang sama, maka spesies tersebut juga akan mengaktifkan daerah yang sama di otak. Hal inilah yang menyebabkan seseorang akan menguap jika melihat oang lain menguap.

    mungkin untuk lebih jelasnya, bisa buka http://health.detik.com/read/2010/04/08/133543/1334604/766/menguap-bisa-menular

    BalasHapus